Thursday, June 21, 2007

KEEP ON WRITING

Dua cerpen dibawah, yang judulnya KETIKA SENJA MULAI TURUN dan SEBERKAS KASIH TULUS adalah cerpen-cerpen yang gue buat semasa kuliah, gak lama setelah gue lulus SMA. Kebetulan waktu itu memang jamannya gue masih suka banget nulis. gue seneng banget waktu salah satu dari karya iseng gue di masa itu, DI BAWAH GERIMIS dimuat di majalah ANEKA Yess! meskipun oleh editornya diganti judul menjadi KALA HUJAN TENGAH HARI. gue inget waktu itu masih pake nama samaran Ariesta Palupi. honornya nggak seberapa, klo nggak salah cuma tujuh puluh lima ribu rupiah. bayangin... kalo jaman sekarang uang segitu buat apa ya?

Setelah itu, gue jarang banget nulis. apalagi setelah lulus kuliah dan kerja. boro-boro nulis cerpen atau novel, nulis diary aja nggak pernah! rasanya gue nggak pernah punya waktu cukup atau daya imajinasi yang lumayan untuk menulis. tapi semenjak ditemukannya blog, gue mulai belajar pelan-pelan, menulis lagi. mungkin tentang sesuatu yang ringan dan berasal dari kehidupan gue sehari-hari. sampai akhirnya gue mulai iseng menulis sesuatu dengan serius. dan lahirlah novel perdana gue THE UNFORGIVEN PLAYBOY. gue tahu novel gue itu masih tergolong "teenlit", walaupun gue bukan orang yang suka mengkotak-kotakkan sebuah karya. gue tahu novel gue belom bisa dibilang karya sastra. tapi setidaknya gue bisa memacu diri gue untuk terus berkarya, untuk terus menghasilkan tulisan-tulisan yang lebih baik dan digemari banyak orang. karena nggak semua orang bisa punya kesempatan seperti gue.

Ada seseorang yang pernah bilang, "jangan terobsesi untuk membuat tulisan kita terbit atau menghasilkan uang. menulislah di saat ingin menulis, tanpa beban, mengalir begitu saja". seandainya ada yang berminat dengan tulisan kita itu, anggaplah hal itu sebagai bonus. sedangkan kegiatan menulis itu sendiri adalah suatu bentuk kepuasan batin.

yap, seperti yang sedang gue lakukan saat ini. writing for fun. so... keep on writing guys!

No comments: